Pengertian Manajemen
Dalam ekonomi ada istilah Manajemen, Mnajemen merupakan suatu aktivitas yang berhubungan satu sama lainnya. Aktivitas itu merupakan sebuah proses yang dinamakan proses manajemen dan mereka yang mengatur serta memeimpin proses tersebut dinamakan Manajer. Untuk membuat definisi manajemen kita harus mengetahui empat hal, yaitu manajemen erat kaitannya dengan proses pemanfaatan orang atau sumber daya, ketersediaan sumber daya juga harus dipenuhi, ada tujuan yang jelas untuk apa sumber daya tersebutdigunakan, penggunaan sumber daya tersebut haruslah efektif dan efesien. Dengan demikian Manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memenfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapi tujuan secara efektif dan efisien.
Pengertian Manajer
Seorang manajer merupakan ujung tombak atau kunci keberhasilan kegiatan suatu organisasi. Manajer adalah seseorang yang karena pengalamannya, pengetahuan, dan keterampilannya diakui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.
Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Manajer seperti berikut ;
a. Mempunyai pengetahuan, keterampilan dan pengalaman luas dalam bidang kegiatan yang akan ditangani
b. Sehat jasmani dan rohani
c. Mempunyai stabilitas emosi
d. Mempunyai daya ingat yang tinggi
e. Mempunyai kemempuan menganalisis
f. Mempunyai kepekaan yang tinggi
g. Mempunyayi intuisi yang kuat
h. Mampu berpikir secara abstrak
i. Mempunyai tingkat intelgensi yang tinggi
j. Mempunyai penampilan yang tenang dan menyakinkan
k. Mampu menciptakan kerjasama dan saling pengertian
l. Mampu berkomunikasi dengan baik
m. Mempunyai kreativitas yang tinggi
Dalam bertindak seorang manajer harus bersikap sebagai berikut;
a. Ramah
b. Arif dan bijaksana
c. Berpandang jauh kedepan
d. Berani mengambil resiko
e. Jujur dan berwibawa
f. Tegas dan disiplin
g. Terbuka terhadap kritik
h. Selalu waspada dan hati-hati
i. Adil dan memiliki solidaritas
Tingkat Manajemen
Menurut Dr. S. P. Siagaian MPA dalam setiap organisasi terdapat tiga tingkatan kelompok pemimpinan.
a. Top management atau manajemen tingkat atas yang sering disebut chief executive officer atau top manager
b. Middle management atau manajemen tingkat menengah sering yang disebut kepala bagian
c. Lower management atau manajemen tingkat bawah yang dikenal dengan istilah operasional 9supervisor, kepala seksi, dan mandor0
Tingkat manajemen dilihat dari kedudukan dalam struktur organisasi. Masing-masing tingkat manajemen memiliki keterampilan yang berbeda. Menurut Indriyo Gitosudarmo dan Agus Mulyo, Manajer harus memiliki tiga macam keterampilan yaitu keterampilan konseptual, keterampilan kemanusiaan, dan keterampilan teknis
Þ Keterampilan Konsetual
Harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Keterampilan ini disebut keterampilan konsepsional 9conceptional skill0. konsep ini sangat dibutuhkan bagi manajer pada tingkat-tingkat yang tinggi.
Þ Keterampilan Kemanusiaan atau Komunikasi
Manajer juda perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain disebut juga keterampilan kemanusiaan 9human skill0. Keterampilan komunikasi ini dibutuhkan, baik pada tingkat atas, menengah, maupun bawah.
Þ Keterampilan teknis
Keterampilan ini yang merupakan bekal bagi seorang manajer yaitu Keterampilan Teknis, yaitu merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, missalnya memperbaiki mesin, membuat kursi, merangkai bunga, dan keterampilan teknis lainnya. Keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh manajer pada tingkat yang lebih rendah.
Oleh karena itu setiap manajer harus memiliki ketiga keterampilan itu. Semakin tinggi jabatan / tingkat tinggkat manajer maka diperlukan keterampilan konsetual yang semakin banyak, dan semakin rendah jabatan manajer diperlukan semakin banyak keterampilan teknisnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar